|
H
|
ai Gaes! Kalau
sebelumnya gua udah sharing persiapan apa yang dilakukan atau disiapkan untuk
memulai belajar pemrograman. Kali ini gua sharing permrograman apa yang pertama
gua pelajarin.Jadi sebenernya gua
sudah mulai mengenal pemrograman itu sejak di bangku SMK, gua anak SMK dengan
juruan Teknik Komputer dan Jaringan. Tepatnya kelas 3 SMK guru gua kasih tugas
ke murid-murid nya untuk menguasai satu aplikasi, tapi aplikasi yang harus
dikuasai itu ditentuin dengan cara di acak semacam arisan gitu.
Dikocok didalam
gelas dan kertas yang keluar dari gelas itu bertuliskan aplikasi yang
harus kita kulik atau pelajari dan
menghasilkan suatu produk. Dan gua mendapatkan aplikasi atau program SwishMax.
Buat yang belum tahu
apa itu SwishMax, SwsishMax itu menurut gua adalah program atau aplikasi yang
diperuntukan untuk membuat sebuah Animasi. Jadi tools nya itu mendukung banget
buat kita yang mau buat animasi flash atau swf. Tapi di SwishMax itu juga
mendukung membuat game sederhana yang tentunya memerlukan fungsi logika dari
bahasa pemrograman.
Dan singkatnya gua coba untuk membuat game tapi masih
nyontek dari youtube. Jadi masih sangat Script Kiddie. Dan saat kuliah gua
memilih masuk ke jurusan Sistem Informasi, yang pastinya ketemu lagi dengan
pemrograman. Semester 1 ada pelajaran Pengenalan Algoritma yang jadi basic
pemrograman. Karena waktu SMK gua sudah pernah melihat dan mencoba jadi waktu
kuliah udah engga asing lagi dengan :
- · Tipe data
- · Variable
- · Pengondisian if dan else
- · Perulangan
Yang menurut gua
hal-hal itu menjadi sangat penting dan berguna untuk memulai pemrograman. Dan
buat kalian yang baru pertama kali mau belajar pemrograman, gua saranin belajar
algoritma dulu. Sederhananya algoritma yang gua paham itu adalah runtutan cara
yang dilakukan untuk menyelsaikan suatu permasalahan.
Contoh :
Algoritma
cara mendapatkan wanita idaman:
2. Mencari tahu apa yang dia suka dan tidak suka
3. Jika tahu, lakukan apa yang dia suka(sesuai batas dan kemampuan). Jika tidak maka terus mencari tahu.
4. Jika wanita itu sudah merasa nyaman dan memberi sinyal baik, maka cari waktu yang tepat untuk ungkapin. Jika belum nyaman terus buat nyaman. Jika waktu belum tepat maka tunggu waktu yang tepat.
5. Jika sudah tepat, maka ungkapkan. Jika diterima maka mendapatkan wanita itu. Jika tidak diterima maka coba kenalan dengan cewe lain.
Tapi itu kayaknya
terlalu rumit yah hahaha. Mending kita buat program Perhitungan Luas segitiga
aja gaes. Kaya gini nih kurang lebih algorima nya atau flow nya :
Dan
programnya itu kayak gini :
Itu bahasa
pemrogramannya adalah C++ gaes. Compiler nya gua pakai DEV-C++. Gratis kok
hehehe. Memang program yang sangat sederhana ya gaes, tapi untuk memulai suatu
yang baru coba dulu dari hal yang mudah, sederhana dan yang ada gunanya juga
kalau bisa hehe.
Segitu dulu gaes.
Next
gua mau coba sharing tentang Simbol-simbol flowchart deh kayaknya :D Bye!


Comments
Post a Comment