Skip to main content

Belajar Pemrograman Pemula Pertama Kali

H
ai Gaes! Kalau sebelumnya gua udah sharing persiapan apa yang dilakukan atau disiapkan untuk memulai belajar pemrograman. Kali ini gua sharing permrograman apa yang pertama gua pelajarin.Jadi sebenernya gua sudah mulai mengenal pemrograman itu sejak di bangku SMK, gua anak SMK dengan juruan Teknik Komputer dan Jaringan. Tepatnya kelas 3 SMK guru gua kasih tugas ke murid-murid nya untuk menguasai satu aplikasi, tapi aplikasi yang harus dikuasai itu ditentuin dengan cara di acak semacam arisan gitu.

Dikocok didalam gelas dan kertas yang keluar dari gelas itu bertuliskan aplikasi yang harus  kita kulik atau pelajari dan menghasilkan suatu produk. Dan gua mendapatkan aplikasi atau program SwishMax.
Buat yang belum tahu apa itu SwishMax, SwsishMax itu menurut gua adalah program atau aplikasi yang diperuntukan untuk membuat sebuah Animasi. Jadi tools nya itu mendukung banget buat kita yang mau buat animasi flash atau swf. Tapi di SwishMax itu juga mendukung membuat game sederhana yang tentunya memerlukan fungsi logika dari bahasa pemrograman. 

Dan singkatnya gua coba untuk membuat game tapi masih nyontek dari youtube. Jadi masih sangat Script Kiddie. Dan saat kuliah gua memilih masuk ke jurusan Sistem Informasi, yang pastinya ketemu lagi dengan pemrograman. Semester 1 ada pelajaran Pengenalan Algoritma yang jadi basic pemrograman. Karena waktu SMK gua sudah pernah melihat dan mencoba jadi waktu kuliah udah engga asing lagi dengan :
  • ·         Tipe data
  • ·         Variable
  • ·         Pengondisian if dan else
  • ·         Perulangan

Yang menurut gua hal-hal itu menjadi sangat penting dan berguna untuk memulai pemrograman. Dan buat kalian yang baru pertama kali mau belajar pemrograman, gua saranin belajar algoritma dulu. Sederhananya algoritma yang gua paham itu adalah runtutan cara yang dilakukan untuk menyelsaikan suatu permasalahan.
Contoh :

Algoritma cara mendapatkan wanita idaman:
1.    Kenal dengan wanita itu
2.    Mencari tahu apa yang dia suka dan tidak suka
3.    Jika tahu, lakukan apa yang dia suka(sesuai batas dan kemampuan). Jika tidak maka terus mencari tahu.
4.    Jika wanita itu sudah merasa nyaman dan memberi sinyal baik, maka cari waktu yang tepat untuk ungkapin. Jika belum nyaman terus buat nyaman. Jika waktu belum tepat maka tunggu waktu yang tepat.
5.    Jika sudah tepat, maka ungkapkan. Jika diterima maka mendapatkan wanita itu. Jika tidak diterima maka coba kenalan dengan cewe lain.

Hahaha iya jadi gitu gaes, kita harus belajar algoritma gitu buat ngasah logika kita. Selain pakai narasi gitu. Kita juga bisa implentasikan menggunakan flowchart. Kalau gua gunainnya itu Microsoft Office Visio. Jadi kurang lebihnya kayak gini gaes.


Tapi itu kayaknya terlalu rumit yah hahaha. Mending kita buat program Perhitungan Luas segitiga aja gaes. Kaya gini nih kurang lebih algorima nya atau flow nya :

Dan programnya itu kayak gini :


Itu bahasa pemrogramannya adalah C++ gaes. Compiler nya gua pakai DEV-C++. Gratis kok hehehe. Memang program yang sangat sederhana ya gaes, tapi untuk memulai suatu yang baru coba dulu dari hal yang mudah, sederhana dan yang ada gunanya juga kalau bisa hehe.
Segitu dulu gaes. 
Next gua mau coba sharing tentang Simbol-simbol flowchart deh kayaknya :D Bye!

Comments